SELAMAT DATANG DI BLOG REZKI FHONNA

Senin, 26 September 2011

pertanyaan kasus 2


1. Sistem apa yang dijelaskan disini? Informasi apa yang berharga yang mereka berikan?
Jawab:
Sistem yang dijelaskan pada kasus ini adalah sistem informasi bagi proses bisnis El-Alamein yang merupakan perusahaan industri percetakan internasional di industri makanan cepat saji. Pada saat perusahaan telah berhasil melaksanakan infrastruktur TI pada juli 2006, penerapan berbagai sistem termasuk waktu dan sistem kehadiran pun dilakukan. Sistem ini menyimpan banyak jam kerja yang hilang dan telah terkait dengan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Enterprise Resource Planning (ERP) dapat didefinisikan sebagai aplikasi sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mengolah dan memanipulasi suatu transaksi di dalam organisasi dan menyediakan fasilitas perencanaan, produksi dan pelayanan konsumen yang real-time dan terintegrasi. Serta dapat menangani seluruh aktivitas dalam organisasi, membawa budaya kerja baru dan integrasi dalam organisasi.
Informasi dari perusahaan El-Alamein adalah dengan adanya penerapan/pembentukan TI/IS pada perusahaan dapat mengurangi risiko investasi, meningkatkan nilai perusahaan, serta perusahaan telah membentuk hubungan strategis dengan perusahaan multinasional.

2. Apa risiko yang dihadapi El-Alamein dalam menerapkan sistem ERP? Bagaimana Anda mengevaluasi tindakan yang diambil dari sisi mereka untuk mengurangi faktor-faktor risiko?
Jawab:
Risiko yang dihadapi El-Alamein dalam menerapkan sistem ERP adalah resistensi terhadap perubahan dari kepala departemen. Dengan begitu, akan terjadi perputaran karyawan sehingga akan menghabiskan banyak biaya organisasi dalam hal waktu produksi, dan pelatihan ulang untuk orang-orang utama yang terlibat. Selain itu perusahaan telah kehilangan enam orang utama dalam periode enam bulan, yang akan mengakibatkan keterlambatan dalam area-area fungsional, dan pengulangan dari beberapa langkah selama analisis dan pengaturan fase.

Tindakan yang diambil oleh perusahaan adalah dibuatnya pelatihan mengenai sistem baru yang dibuat oleh perusahaan, dapat membuat para karyawan lebih memahami bagaimana proses bisnis baru tersebut akan dilaksanakan. Sehingga akan mempercepat dan memperlancar proses bisnis yang akan dilakukan. Selain itu, keterlibatan karyawan dalam hal pengambilan keputusan sangatlah perlu, karena jika keputusan itu diambil bersama, membuat suatu pekerjaan tersebut akan terlaksana sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

3. Nilai apa yang tercipta dari investasi TI/IS dalam El-Alamein?
Jawab:
Nilai yang tercipta dari investasi TI/IS dalam El-Alamein adalah akan terbentuknya hubungan terstruktur dengan perusahaan multinasional, terjadinya peningkatan nilai perusahaan hampir lima kali lipat dari apa yang telah dihabiskan sejauh IT/IS diciptakan, yaitu lebih dari 10 juta dolar perusahaan ini meraup keuntungan. Serta akan membuat pengembalian investasi IT/IS lebih dari 500 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar