SELAMAT DATANG DI BLOG REZKI FHONNA

Senin, 26 September 2011

E-Business Global : Bagaimana Bisnis Menggunakan Sistem Informasi (Review Bab II )

Sistem informasi dapat merubah paradigma perusahaan untuk dapat menjalankan suatu kegiatan bisnis dari cara kuno menjadi cara serba digital. sistem informasi dapat digunakan dalam bidang pemasaran, pengambilan keputusan, inovasi-inovasi pada suatu produk, laporan keuangan, mengelola system manajemen hubungan dengan pelanggan, pegawasan terhadap setiap kegiatan perusahaan, dan lebih cepat mendapatkan infomasi dari internal dan eksternal perusahaan.
Dengan adanya system informasi perusahaan dapat menjalankan aktivitas operasionalnya lebih terarah dan kesannya bersifat lebih instant. System informasi yang digunakan oleh suatu perusahaan biasanya digunakan untuk memudahkan perusahaan utnuk memasarkan produknya dan lebih mengetahui secara lebih terperinci keinginan konsumen.


Perusahaan harus bisa lebih memanjakan konsumen yaitu dengan cara membuat system informasi, dengan adanya system informasi, maka konsumen dapat lebih mudah mengakses suatu situs dari perusahaan tersebut dimana saja dan kapan saja selama 24jam. Hal itu membuat para konsumen dapat mengetahui produk apa yang ditawarkan oleh prosuatu perusahaan dan dapat melihat karakteristik suatu produk. Secara tidak langsung perusahaan sudah melakukan promosi terhadap produknya. Apabila pelanggan kurang jelas dalam memahami dan melaporkan kekurangan produk yang ditawarkan perusahaan tersebut, maka perusahaan tersebut menyediakan beberapa fasilitas pelayanan konsumen, sehingga apabila konsumen merasa nyaman pada suatu perusahaan, maka konsumen akan loyal kepada perusahaan tersebut.
Dengan adanya system infomasi, perusahaan dapat meramalkan suatu kondisi pasar untuk 5 tahun kedepan. Dengan kata lain para top management menggunakan system infomasi ini untuk melihat kejadian yang akan datang dan membandingkannya dengan kejadiaan saat ini.
Tapi secara lebih terperinci system informasi dapat juga di terapkan dalam suatu organisasi. Organisasi juga menggunakan system informasi untuk lebih meratakan suatu struktur organisasi. Hal ini dilakukan untuk bisa lebih menghemat biaya dan lebih bisa menciptakan suatu komunikasi yang baik antara departemen, dengan departemen yang lain agar dapat terciptanya efesiensi kerja
Membangun system informasi memang membutuhkan biaya yang besar. Namun hal itu tak sebanding dengan dampak penghematan yang besar dan efesiensi kerja yang didapatkan. Semua yang kegiatan baik dari dalam perushaan (opersaional) maupun dari luar perusahaan (penjualan) menggunakan system informasi. System infomasi juga membuat perusahaan dapat lebih meningkatkan profitnya.
Dalam suatu perusahaan yang besar,system informasi merupakan menu wajib yang harus ada pada setiap perusahaan. System infomasi sangat membantu perusahaan pada saat era globalisasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar