SELAMAT DATANG DI BLOG REZKI FHONNA

Minggu, 18 September 2011

Peranan Sistem Informasi Dalam Bisnis Saat Ini (review BAB 1 )


Ø
  Bisnis di Amerika saat ini menghabiskan $1,8 triliun untuk sistem informasi yang meliputu perangkat keras, piranti lunak serta perlengkapan telekomunikasi dalam tahun 2006. Selain itu menghabiskan $1,7 triliun untuk jasa konsultasi manajemen dan bisnis yang sebagian besar meliputu perancangan kembali operasi bisnis untuk menggunakan hasil maksimal dari teknologi baru tersebut.

·         BAGAIMANA SISTEM INFORMASI MERUBAH BISNIS
Anda dapat melihat hasil pengeluaran besar atas teknologi dan sistem informasi di sekeliling Anda setiap hari dengan mengamati bagaimana orang menjalankan bisnisnya. Semakin banyak data seluler terdaftar di tahun 2005 dibanding dengan telepon konvensional. Telepon seluler, blackberry, perangkat genggam, e-mail, konferensi online, dan konferensi jarak jauh internasional melalui internet menjadi sangat penting saat ini dalam dunia bisnis.

·         KESEMPATAN MENUJU GLOBALISASI
Masuknya internet dalam sistem komunikasi internasional telah menurunkan biaya operasi pada tingkat global secara drastis. Pelanggan bisa berbelanja di pasar global, dengan harga dan informasi dengan kulitas andal selama 24 jam sehari. Perusahaan dapat mencapai penurunan biaya mengejutkan dengan cara menemukan pemasok berbiaya rendah dan mengelola fasilitas produksi si negara lain.

·         BERKEMBANGNYA PERUSAHAAN DIGITAL
Semua perusahaan yang telah dibahas, digabung dengan perencanaan kembali perusahaan secara signifikan, telah menciptakan perusahaan digital (digital firm) secara utuh. Perusahaan digital dapat didefinisikan menjadi beberapa aspek. Perusahaan digital adalah perusahaan yang memiliki hubungan penting terhadap pelanggan, pemasok dan karyawan secara digital. Proses bisnis inti dicapai melalui jaringn digital dengan lingkup keseluruhan organisasi yang saling terhubung.

·         TUJUAN BISNIS STRATEGI SISTEM INFORMASI
Perusahaan bisnis berinvestasi lebih pada sistem informasinya secara khusus untuk mencapai enam tujuan bisnis: keunggulan operasional; produk, jasa dan model bisnis baru; hubungan pelanggan dan pemasok; pengambilan keputusan yang semakin baik’ keunggulan kompetitif; dan kelangsungan usaha.

Ø  PERSPEKTIF DALAM SISTEM INFORMASI

·         APA ITU SISTEM INFORMASI?
Sistem informasi (information sistem) secara teknis dapat didefinisikan sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan (atau mendapatkan), memproses menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi. Selain menunjang proses pengambilan keputusan, koordinasi, dan pengawasan, sistem informasi juga dapat membantu manajer dan karyawan menganalisis permasalahan, menggambarkan hal-hal yang rumit, dan menciptakan produk baru.
Sistem informasi  berisikan informasi tentang orang-orang, tempat, dan hal-hal penting dalam di dalam organisasi atau lingkungan sekelilingnya. Informasi (information) sendiri berarti data yang telah dibentuk menjadi sesuatu yang memiliki arti dan berguna bagi manusia. Sebaliknya, data merupakan sekumpulan data mentah yang mewakili kejadian-kejadian yang terjadi dalam organisasi atau lingkungan fisik perusahaan. Data biasanya belum dikelola dan diorganisasi ke dalam bentuk yang dapat secara efektif dipahami oleh manusia.

·         DIMENSI SISTEM INFORMASI
Penggunaan sistem informasi secara efektif memerlukan pemahan dari organisasi, manajemen dan teknologi informasi yang membentuk sistem tersebut. Sebuah sistem informasi membentuk nilai perusahaan sebagai suatu organisasi dan solusi manajemen atas tantangan yang didapat dari lingkungan.

·         Organisasi
Sistem informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari organisasi. Malahan bagi sebagian perusahaan, seperti perusahaan pembuat laporan kredit, bisnisnya tidak berjalan tanpa sebuah sistem informasi. Elemen kunci dari organisasi adalah orang-orang di dalamnya, struktur, proses bisnis, politik, dan budaya.
Organisasi bisnis merupakan hierarki yang terdiri atas tingkatan dasar: manajemen senior, manajemen tingkat menengah, dan manajemen operasional. Sistem informasi melayani ketiga tingkatan tersebut. Ilmuan dan pekerja ahli saling bekerja dengan manajemen tingkat menengah.
Setiap organisasi memiliki budaya (culture) khas, atau kumpulan dasar norma, nilai, dan cara melakukan sesuatu, yang telah diterima anggotanya.

·         Manajemen
Tugas manajemen adalah untuk berusaha memahami banyak keadaan yang dihadapi organisasi, mengambil keputusan dan merumuskan rencana kegiatan untuk memecahkan permasalahn organisasian. Para manajer melihat adanya tantangan bisnis dari lingkungan; mereka membuat strategi organisasi untuk merespons tantangan tersebut; dan mengalokasikan dan mongoordinasikan sumberdaya manusia dan keuangan untuk bekerjasama mencapai keberhasilan.

·         Teknologi
Teknologi informasi adalah satu dari banyak alat yang digunakan manajer untuk menghadapi perubahan yang terdiri dari:
·      Peranti keras komputer (computer hardware)
·      Perangkat lunak komputer (computer software)
·      Teknologi manajemen data (data management technology)
·      Teknologi komunikasi dan jaringan (networking and telecommunications technology)

Ø  PENDEKATAN KONTEMPORER TERHADAP SISTEM INFORMASI

·         PENDEKATAN TEKNIS
Pendekatan teknis terhadap sistem informasi menekankan model matematika untuk mempelajari sistem informasi, serta penekanan pada teknologi secara fisik dan kemampuan format dari sistem tersebut. Didiplin ilmu adalah ilmu komputer, metode kuantitatif, dan riset operasi.

·         PENDEKATAN PERILAKU
Bagian penting bidang sistem informasi melibatkan isu perilaku muncul dalam pengembangan dan pengelolaan jangka panjang dari sistem informasi. Isu seperti integrasi bisnis strategis, perancangan, implementasi, penggunaan, manajemen tidak dapat dijelajahi dengan menggunakan model dari pendekatan teknis. Disiplin ilmu mengenai perilaku lainnya berkontribusi pada metode dan konsep penting.
·         SISTEM SOSIOTEKNIS
Pendekatan terhadap kinerja optimal organisasi dicapai dengan secara bersama sama mengoptimalkan system social dan teknis yang digunakan dalam produksi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar